Saat anda memulai bisnis minuman, selain modal dan perlengkapan yang harus dipersiapkan tentunya konsep yang matang juga sangat penting untuk diperhatikan. Mulai dari nama kedai atau cafe sampai dengan nama makanan atau minuman yang akan disajikan ke pelanggan. Pemberian nama ini bertujuan untuk branding, semakin bagus namanya maka semakin mudah untuk diterima kalangan masyarakat karena melekat dan mudah diingat.
Biasanya, para pebisnis minuman menggunakan beberapa nama yang lucu, unik, atau berbeda dari yang lain sebagai penanda bahwa minuman itu hanya ada di kedai minuman anda. Berikut ada tips cara memberikan nama yang cocok untuk kedai minuman, terkhusus bagi anda yang ingin membuka usaha F&B.
Tips Menentukan Nama Minuman
Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan ketika mau membuat nama minuman yang memiliki ciri khas.
- Gunakan Nama yang Mudah Diingat
Menggunakan nama yang mudah diingat akan memudahkan konsumen dalam menentukan pilihan produk minuman yang akan dipesan. Gunakan nama yang pengucapannya mudah, sehingga konsumen dengan mudah menentukan pilihan. Bukan memikirkan sisi unik dan lucu saja, tapi yang paling penting nama minuman dibuat untuk memudahkan konsumen juga.
Anda bisa gunakan bahasa asing yang mudah diingat, sehingga nama minuman anda tetap terlihat aesthetic. Dengan nama asing, tentu kedai atau cafe anda terlihat lebih berkelas. Tak heran banyak pebisnis menggunakan bahasa asing dalam menentukan nama minumannya. Namun, yang perlu diperhatikan harus gunakan nama yang mudah diingat, meskipun menggunakan bahasa asing agar konsumen tidak sulit dalam segi pengucapan.
- Gunakan nama minuman yang belum ada
Tujuan pemberian nama pada produk adalah untuk memudahkan orang lain untuk mengingat produk yang dijual. Namun, jangan juga menggunakan nama yang sudah sering digunakan pada brand besar. Hal ini bertujuan agar anda tidak tidak menjadi bahan perbandingan dengan kompetitor besar. Nama yang sama akan membuat konsumen bingung memilh produk, lebih baik brand anda atau brand yang lebih besar itu. Jadi, gunakan nama yang belum pernah digunakan oleh brand besar sehingga nama minuman itu hanya ada di kedai atau cafe anda.
- Gunakan nama unik dan singkat
Dalam memberikan nama produk tentu harus memiliki filosofis atau maknanya tersendiri. Namun, pastikan anda memberikan nama jangan terlalu panjang. Nama produk yang panjang akan menyulitkan konsumen mengingat produk. Gunakan nama yang unik dan singkat saja namun tetap memberikan unsur dan makna yang sesuai dengan bisnis minuman anda.
Meskipun unik dan singkat, pastikan nama produk anda tidak ada konotasi negatifnya karena hal ini dapat mempersulit anda dalam membuat sertifikat halal dari MUI. Selain itu, nama dengan konotasi negatif akan memberikan citra buruk di dalam bisnis minuman anda.
- Sesuaikan dengan citra brand
Citra brand merupakan kata yang mendefiniskan dari sebuah produk bisnis anda. Oleh sebab itu, jika membuat nama minuman harus sesuai dengan citra produk pada bisnis anda. sebagai contoh, ada citra brand yang menggunakan kata ‘cool’ atau ‘coolant’ yang artingan dingin. Penggunaan kata cool disini menunjukkan produk yang dijual di bisnis anda adalah minuman dingin atau sesuatu yang segar. Dengan citra brand ini, konsumen akan mulai memberi label brand anda sesuai dengan produk yang dijual sehingga bisnis anda memiliki ciri khas yang sudah melekat di ingatan konsumen.
Seberapa penting nama aesthetic pada bisnis minuman?
Nama merupakan identitas milik seseorang atau sesuatu yang tentunya memiliki ciri-cirinya tersendiri. Sama seperti nama seseorang, brand atau produk yang dijual pun memiliki esensi makna yang wajib anda perhatikan.
- Memudahkan konsumen untuk mengingat
Nama seseorang akan melekat pada orang lain ketika dia memiliki ciri khas dan sesuatu yang berbeda. Sama halnya dengan produk, nama yang mudah diingat tentu menjadi daya tarik dan daya ingat konsumen menjadi lebih kuat. Pastikan nama produk anda mudah diingat dan unik agar gampang sekali diingat oleh konsumen.
- Membuktikan kreatifitas
Dalam memberikan nama yang aestethic tentu harus memiliki kreatifitas yang tinggi. Nama yang diberikan pada produk anda tentu memiliki pesan dan makna tersendiri yang ingin anda sampaikan ke konsumen. Oleh sebab itu, semakin tinggi kreatifitas anda dalam menentukan nama produk maka semakin kuat ingatan konsumen terhadap bisnis minuman anda. Perhatikan dengan betul untuk menggunakan nama produk yang jelas agar konsumen tidak keliru dalam mendeskripsikan bisnis yang anda jual.
- Memberi gambaran produk
Dengan nama unik dan jelas, tentu konsumen bisa lebih menggambarkan maksud dari makna yang ingin anda sampaikan. Ketika produk anda mulai digemari dan disukai banyak konsumen, tentu akan memudahkan oranglain mengingat. Hanya dengan menyebutkan brand, orang lain sudah paham bahwa itu brand produk minuman atau bisnis anda. Dengan begitu, konsumen yang ingin merekomendasikan produk anda ke rekannya akan dengan mudah menyebutkan nama produk yang dikenal.
- Merek adalah alat komunikasi
Menaruh logo pada brand minuman anda memang menjadi keharusan, namun jangan sampai anda lupa bahwa nama produk akan memudahkan konsumen untuk mengingat produk anda. Dengan menyelipkan nama produk di sela-sela logo, hal ini akan membuat kesan produk anda menjadi lebih aesthetic dan brand awareness produknya pun tercapai. Hal ini akan membuat konsumen dengan mudah mengenali produk anda, karena nama produk merupakan alat komuniksi dengan target konsumen produk anda.
Rekomendasi nama minuman aesthetic
Berikut ada beberapa rekomendasi nama minuman yang cukup aesthetic yang bisa menjadi acuan anda dalam memberikan nama brand minuman.
- Nama minuman aesthetic untuk brand susu
- Milking it
- ShakeMoo
- Milksuzu Mu
- Milkyway
- Moosip
- Vitamilk
- Cuppamoo
- Dietamilk
- Nutrimoo
- Cow Power
- Wemilk
- Nama minuman aesthetic untuk brand kopi
- Dearkopi
- Koppi
- Mokopi
- Cobrew
- Yakopi
- Kopiyu
- Coffeerush
- Arakopi
- Lattelux
- Komfi
- Ekopi
- Nama minuman aesthetic untuk brand Teh
- Tealicious
- Esteteh
- Leatea
- Sometea
- Tehiki
- Tehin
- Teatime
- Partea
- Tastea
- Sehatea
- Thistea
Kesimpulan
Nama pada brand minuman anda menentukan seberapa besar pengaruh awarenessnya. Dengan nama pada produk, maka konsumen akan dengan mudah mengingat produk yang anda jual. Namun, pastikan gunakan nama yang mudah diingat dan berbeda dari yang lainnya untuk menjadi daya tarik sendiri bagi konsumen. Jadi, bagi anda yang mau memulai bisnis khususnya minuman, mulai tentukan nama minuman aesthetic anda agar lebih menarik. Anda bisa gunakan beberapa rekomendasi nama aesthetic ini untuk menjadi acuan.