Dalam membuka bisnis restoran dan cafe, tentu anda membutuhkan karyawan untuk menunjang bisnis menjadi lebih maju dan berkembang. Selain koki, anda membutuhkan pelayan seperti waiters untuk melayani pelanggan di bagian terdepan. Waiters sendiri memiliki arti sebagai individu yang melayani pelanggan di restoran atau cafe. Waiters merupakan orang pertama yang akan berinteraksi dengan pelanggan dan memiliki peranan penting dalam melayani pelanggan untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.
Apa saja tugas Waiters?
Untuk menjadikan bisnis menjadi berkembang, tentu anda harus memberikan pelayanan ekstra dan baik kepada pelanggan. Sebagai waiters, ada tanggung jawab dan tugas yang harus dikerjakan agar bisnis anda berjalan dengan lancar. Semakin baik tugas dan tanggung jawab dikerjakan, maka semakin baik pula pengalaman pelanggan dalam memberikan ulasan.
Melakukan persiapan
Tugas utama waiters dimulai dari persiapan. Oleh karena itu, biasanya seorang waiters akan memulai pekerjaannya dari saat restorannya buka. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan waiters.
- Mempersiapkan diri seperti penampilan yang rapi dan sopan sesuai dengan peraturan perusahaan
- Menata dan merapikan meja makan dan area dine-in
- Menyiapkan alat-alat tambahan seperti tisu, condiment, toothpick dan lainnya.
- Stand by pada posisi yang tepat agar mudah dalam menjangkau sudut pandang semua meja
Melayani pelanggan
Salah satu tugas utama seorang waiters adalah melayani pelanggan. Melayani pelanggan dimulai dari mencatat pesanan, menyiapkan dan juga mengantarkan pesanan kepada pelanggan. Seorang waiters harus mampu mendengarkan dengan seksama apa yang pelanggan pesan, menjawab setiap pertanyaan pelanggan, dan memberikan rekomendasi menu jika diperlukan. Komunikasi yang baik dan efektif sangat penting dimiliki waiters dalam tahap ini.
Setelah semua menu dipesan, seorang waiters juga bertanggung jawab dalam menyajikan makanan dan minuman dengan baik. Mereka juga harus memastikan pesanan sesuai dengan pesanan yang dimau oleh pelanggan dan menghindari kesalahan menu atau permintaan pelanggan. Multitasking merupakan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam hal ini karena membutuhkan ketelitian, kecekatan dan ketepatan.
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan
Hal paling penting yang harus dimiliki oleh waiters adalah memberikan pelayanan terbaik dengan bersikap sopan, bertutur kata yang ramah, dan berinteraksi dengan baik dengan pelanggan. Seorang waiters harus melayani dengan sepenuh hati, menjaga emosi ketika bertemu pelanggan superior, dan memastikan pelanggan mendapatkan kenyamanan saat berada di restoran atau cafe.
Salah satu dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah stand by dan memperhatikan customer. Terkadang, pelanggan membutuhkan waiter untuk meminta alat makan tambahan, meminta ulang air minum, memesan tambahan menu, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, seorang waiters harus stand by agar pelanggan tidak kesulitasn jika membutuhkan bantuan.
Membersihkan area
Selain memastikan kebersihan saat persiapan, seorang waiters juga harus membersihkan area setelah pelanggan selesai makan dan pergi. Area yang harus dibersihkan dimulai dari meja makan, kursi, area dine in, wastafel dan beberapa area yang biasa digunakan oleh pelanggan. Jadi, ketika pelanggan baru datang, maka area nya sudah bersih dan nyaman untuk digunakan kembali.
Menangani komplain pelanggan
Saat pelanggan mengalami hal yang kurang nyaman, waiter biasanya menjadi orang pertama yang dipanggil dan harus menangani komplain tersebut. oleh sebab itu, seorang waiter harus sudah memahami cara menangani komplain pelanggan agar komplain tersebut cepat terselesaikan. Namun, jika komplain yang dialami lebih serius, seorang waiter harus melaporkannya kepada supervisor atau captain yang bertugas. Kesalahan atau kecerobohan dalam menangani komplain akan berpengaruh terhadap penilaian pelanggan. Oleh karena itu, sebagai seorang waiter harus memperhatikan betul dan menyelesaikan dengan tepat komplain yang dialami oleh pelanggan.
Bekerja sama dalam tim
Dalam melayani seorang pelanggan, seorang waiter tetap membutuhkan kerjasama yang baik dalam tim. Tim seperti koki, barista dan staff lain memiliki peranan yang penting pula untuk menciptakan kinerja yang baik dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dengan kerjasama tim, maka kesalahan dalam hal pesanan akan terlaksana dengan lancar dan sesuai.
Kesimpulan
Bisnis f&b akan berkembang dan maju jika pelayanan yang diberikan juga baik dan lancar. Daalam pelaksanananya, untuk memberikan pelayanan yang baik tentu membutuhkan kerjasama antar tim mulai dari koki, barista, waiter dan staff lainnya. Terutama seorang waiters yang menjadi orang pertama bertemu dengan pelanggan dalam memberikan pelayanan. Seorang waiters harus memahami dengan betul tanggung jawab dan tugasnya supaya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Jika tanggung jawab dan tugas terlaksana dengan baik, maka pelanggan akan memberikan ulasan yang positif sehingga membuat bisnis anda menjadi lebih berkembang dan maju.